Saturday, July 8, 2017

Olahraga Sederhana Yang Dapat Dilakukan di Rumah


Banyak orang merasa mereka belum memiliki berat tubuh yang ideal dan mereka ingin melakukan olahraga. Tetapi karena mereka sibuk, mereka tidak memiliki waktu untuk pergi ketempat oalahraga, seperti contonya gym.
Namun mengunjungi pusat kebugaran bukanlah hal yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Ada banyak kendala yang bisa menghalangi seseorang sehingga tidak memiliki waktu melakukan latihan di tempat gym. Tidak dipungkiri olahraga sangat berguna untuk kesehatan, selain menjaga bentuk badan tetap ideal, berolahraga dapat membuat tubuh sehat dan terhindar dari penyakit. Dan berikut merupakan olahraga yang bisa kamu lakukan apabila kamu memang tak punya waktu untuk ke gym dan bisa dilakukan dimana saja :
Push Up
Gerakan yang sangat familiar. Posisikan tubuh kamu dengan berbaring telungkup, kemudian kuatkan tangan dan kaki.
Setelah itu, angkat tubuh kamu hingga sejajar dengan lantai. Turunkan kembali badan kamu ke lantai dan lakukan secara berulang-ulang.
Squats
Olahraga yang satu ini juga bisa dilakukan tanpa menggunakan alat apapun. Cukup dengan menempatkan tangan di atas kepala kemudian secara perlahan turunkan tubuh ke posisi duduk dengan tangan yang sejajar ke arah depan.

Usahakan untuk melakukan gerakan ini secara cepat dengan bantuan keseimbangan dari tangan.
Sit Up (Crunches)
Membakar lemak yang ada di perut sangat efektif jika dilakukan dengan sit up. Baringkan tubuh kamu di atas lantai dan letakkan tangan di belakang kepala. Secara perlahan, angkat kepala, pinnggang, dan badan kamu ke posisi duduk dan segera kembali pada posisi tidur.
Menaiki Anak Tangga
Sebenarnya, olahraga penurun berat badan di rumah bisa pula dilakukan dengan hal-hal yang kecil, misalnya saja menaiki anak tangga atau kursi.
Tidak perlu mencari tangga yang tinggi, cukup dengan membiasakan diri kamu menaiki beberapa tingkat tangga yang dijumpai di rumah atau kantor.
Jika ukuran tangga tersebut hanya sedikit, maka siasati dengan melakukan gerakan maju mundur untuk beberapa kali hitungan.
Spot Jogging
Jogging adalah olahraga yang berjenis kardio sehingga sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Untuk di dalam rumah, kamu bisa menggunakan treadmill.
Namun jika hal ini tidak memungkinkan, maka pilihlah area di rumah kamu yang cukup luas dan memungkinkan kamu berlari di tempat. Lakukan hal ini seakan-akan kamu menggunakan treadmill.
Jumping Jack
Jumping jack yang sangat terkenal pada gerakan senam SKJ jaman dahulu ini ternyata cukup bagus untuk menurunkan berat badan. Usahakan agar kamu melakukan latihan ini di tempat yang nyaman sehingga kamu lebih efektif dalam melakukan lompatan.
Saat kamu melompat, posisikan kaki secara rapat kemudian lompat ke posisi kaki terbuka yang disertai dengan tepuk tangan di atas kepala.
Dance
Dance adalah aktivitas yang terkesan fun namun ternyata bisa pula membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan gerakan dance yang menuntut tubuh bergerak secara keseluruhan sehingga pembakaran lemak itu akan terjadi secara menyeluruh pula.
Jika kamu ingin melakukannya di dalam rumah, pastikan untuk memindahkan segala furnitur di ruangan tersebut. Setelah itu, putar musik dan goyangkan tubuh kamu.
Skipping
Skipping atau loncat tali juga tergolong menyenangkan untuk dilakukan. Kamu cukup mencari tempat yang tidak terlalu luas seperti di taman, teras, atau balkon lalu lakukanlah lompat tali ini.
Dips
Untuk melakukan olahraga ini, kamu cukup bertumpu pada meja, kursi, tempat tidur, atau benda-benda lainnya yang mampu menahan tekanan.
Setelah itu, posisikan tubuh kamu seperti saat push up dan lakukan dengan bertumpu pada benda-benda tersebut, bukannya pada lantai.

Itulah beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan ketika kamu sedang tidak ada waktu ke tempat gym. Lakukanlah secara teratur dan kamu akan mendapatkan manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat J


0 comments:

Post a Comment