Tuesday, July 11, 2017

Bahaya Loh, Mendengarkan Musik Menggunakan Headset Saat Tidur?!

Hai-hai….
Gimana kabarnya viewers? Semoga kalian senantiasa sehat selalu ya? ^^


Postingan kali ini akan dibahas mengenai Bahaya Loh Mendengarkan Musik Menggunakan Headset Saat Tidur?!. Headset merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membantu memperjelas suara yang ada pada HP kalian dan juga mengurangi gangguan dari suara-suara di sekitar anda. Biasanya banyak orang menggunakan Headset ini saat santai, membaca buku di perpustakaan, tiduran santai bahkan hingga lelap tertidur namun Headset masih melekat pada telinga kita. Mungkin hal tersebut dianggap oleh banyak orang merupakan hal yang wajar dan sangat sepele karena memang memberikan efek nyaman saat tiduran santai sambil mendengarkan musik melalui Headset hingga tertidur lelap. Bahkan saat ini menjadi sebuah kebiasaan menggunakan Headset saat tidur, tanpa adanya musik yang didengarkan melalui Headset anda akan susah tidur. Namun tahukah anda bahwa peristiwa tersebut membahayakan bagi kesehatan anda? Bagaimana bisa? Penasaran apa saja dampaknya untuk kita? Langsung aja simak beberapa dampaknya bagi tubuh kita.

1.      Menurunkan Pendengaran

Penggunaan headset yang terlalu lama, sering, dan dengan volume tinggi saat tidur dapat menyebabkan kerusakan pada rumah siput (koklea). Hal ini mampu menyebabkan pendengaran anda menjadi rusak permanen. Jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu panjang dan kontinyu, maka dapat menyebabkan ketulian permanen pada seseorang yang memiliki kebiasaan tersebut.

Related Post :




2.      Merusak Otak

Pemakaian headset pada telinga saat mendengarkan musik mampu menghantarkan gelombang elektromagnetik. Oleh karenanya jika mendengarkan musik menggunakan headset terlalu sering dikhawatirkan mampu mengganggu kinerja otak dan menyebabkan kerusakan pada otak. Selain itu pada saat penggunaan headset pada telinga saat tidur guna mendengarkan musik menyebabkan otak tidak benar-benar beristirahat sebagaimana mestinya. Suara yang timbul dan didengarkan melalui headset ini akan disalurkan dan diteruskan ke otak kita. Sehingga otak yang seharusnya istirahat menjadi aktif lagi untuk bekerja mengolah informasi yang diterima. Hal ini jika dilakukan secara terus menerus menyebabkan otak menjadi kelelahan karena terus bekerja tanpa istirahat dan berdampak buruk bagi kesehatan kita, karena sesungguhnya kita belum benar-benar tidur untuk beristirahat.

3.      Melukai Kulit Telinga dan Menyebabkan Infeksi Telinga


Terlalu lama menggunakan headset mampu melukai kulit telinga seperti lecet bahkan luka. Jika dibiarkan dapat mengalami infeksi dan pada liang telinga dapat meradang. Selain itu, mampu mengalami nyeri pada telinga karena penggunaannya yang rutin saat tidur, lalu menyebabkan telinga berdenging dan tidak nyaman. Selain itu, penyebaran bakteri mampu membuat parah infeksi telinga dengan berbagi penggunaan headset dengan orang lain.

Itulah beberapa dampak buruk bagi kesehatan yang disebabkan karena mendengarkan musik saat tidur menggunakan headset. Sekian artikel terkait Bahaya Loh Mendengarkan Musik Menggunakan Headset Saat Tidur?! yang saya ulas kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan masalah dan memperluas wawasan para viewers. Terus kunjungi blog kami karena akan ada info-info terbaru yang akan selalu di update disini. Semoga para viewers blog ini diberikan kesehatan selalu oleh Tuhan, Amin.


0 comments:

Post a Comment