Tuesday, July 11, 2017

Ternyata Berbahaya Melakukan Hal-Hal Ini di Saat Sedang HAID !!!!

Hai-hai….
Gimana kabarnya viewers? Semoga kalian senantiasa sehat selalu ya? ^^



Postingan kali ini akan dibahas mengenai Hal-Hal yang Dilarang Dilakukan saat Haid. Haid atau Menstruasi/ PMS (Premenstrual Syndrome) merupakan salah satu hal yang tidak dapat dihindari oleh wanita, begitupun dampak yang ditimbulkan berupa nyeri pada perut bawah, pinggang dan punggung yang sering pegal, bahkan mood yang naik turun. Siklus bulanan ini memang kadang menyakitkan bagi wanita, pasalnya tak sedikit yang mengalami kram perut yang luar biasa. Pada masa periode ini, ada beberapa hal yang harus dihindari diantaranya :
1.      Menggunakan Pembalut seharian penuh


Dalam mengganti pembalut, usahakan untuk menggantinya kurang lebih setiap 4/5 jam sekali. Ketika darah haid yang anda keluarkan sedang  dalam jumlah banyak kemudian pembalut tidak rutin diganti setiap 4/5 jam sekali, maka akan menyebabkan bakteri timbul dan menyerang tubuh bahkan menyebabkan iritasi/ gatal pada area kemaluan anda. Sehingga sangat perlu diperhatikan mengenai kebiasaan untuk selalu mengganti pembalut setiap 4-5 jam sekali.


Related Post :



2.      Melakukan Olahraga Berat


Melakukan olahraga memang tidak dilarang bahkan sangat dianjurkan, namun pada saat wanita sedang dalam masa periodenya perlu memilah olahraga yang akan ia lakukan berdasarkan kondisi tubuhnya pula. Olahraga berat sangat tidak dianjurkan bahkan sangat dilarang ketika sedang dalam masa PMS wanita, hal ini dikarenakan pada masa ini banyak pembuluh darah arteri yang terbuka sehingga dapat menyebabkan luka yang kemudian mengalami pendarahan berat atau tidak pada normalnya. Perlu diingat bahwa wanita pada saat masa Haid, secara umum akan mengalami nyeri perut, mual, pinggang dan punggung pegal, merasa lemas bahkan bisa sampai pingsan. Oleh karenanya, dalam berolahraga haruslah disesuaikan dengan kondisi tubuh saat haid dan juga disarankan melakukan olahraga ringan saja seperti jalan santai.

3.      Mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi


Saat masa Haid, dianjurkan agar tidak mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi. Mengapa? Karena hal ini mampu menyebabkan perut menjadi kembung dan tidak nyaman. Garam dengan kadar yang tinggi ini sering dijumpai pada makanan fast food, lebih baik diganti dengan mengkonsumsi buah-buahan yang selain menyegarkan juga memiliki banyak manfaat dan kandungan yang baik bagi tubuh kita. 

4.      Mencabut Rambut atau Waxing

Pada masa PMS, hormon esterogen dan juga progesteron mengalami penurunan yang menyebabkan tubuh kita mengalami kepekaan yang tinggi terhadap rasa sakit. Oleh karenanya, hindari untuk melakukan kegiatan yang dapat membuat tubuh anda merasa sakit seperti mencabut gigi, waxing bulu ketiak, bulu kaki, dan lainnya. Jika anda ingin melakukan itu, tunggulah hingga masa Haid anda sudah selesai.

5.      Mengkonsumsi minuman yang mengandung Susu dan Kafein


Mengkonsumsi kafein pada saat haid mampu menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang dapat memicu dehidrasi, padahal saat haid ini tubuh mengeluarkan banyak sekali cairan berupa darah. Jika mengalami dehidrasi, maka dapat menyebabkan pusing dan tubuh menjadi cepat sekali lelah. Sedangkan untuk minuman yang berbahan dasar susu juga hendaklah dihindari. Karena susu mengandung asam arakidonat yang mana mampu menyebabkan nyeri kram pada perut yang semakin parah. Oleh karenanya, hindari makanan maupun minuman dengan bahan dasar susu dan kafein.

6.      Hindari Mandi Menggunakan Air Dingin


Selama masa PMS ini, hindari mandi dengan menggunakan air dingin karena mampu menyebabkan kontraksi pada rahim dan meningkatkan kram pada menstruasi. Gunakanlah Air hangat yang mana mampu mengurangi rasa kram dan tekanan pada saat menstruasi. Serta perlu diingat untuk menghindari penggunaan sabun guna membersihkan alat vital, dengan menggunakan air hangatpun sudah dirasa cukup untuk membersihkannya.

Itulah beberapa hal yang dilarang saat sedang dalam masa PMS. Adapun beberapa hal yang tidak dibenarkan untuk tidak boleh dilakukan saat menstruasi seperti :
a.      Keramas dan Potong Kuku


Banyak asumsi yang tersebar pada masyarakat bahwa keramas dan potong kuku disaat haid tidak diperbolehkan karena pada saat haid kulit kepala menjadi lebih sensitif serta pori pori pada kulit kepala menjadi lebih terbuka sehingga mampu menyebabkan kepusingan bahkan hingga kanker. Hal itu merupakan mitos, karena dalam dunia kedokteran tidak terdapat bukti mengenai hal tersebut. Bahkan menurut mereka keramas dan potong kuku sangat dianjurkan sebagai upaya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Memang benar bahwa pori-pori kulit kepala lebih terbuka saat pms karena tubuh lebih mudah berkeringat dan kepanasan. Menanggapi hal tersebut bukankah lebih baik untuk keramas dan potong kuku demi menjaga kebersihan tubuh. Terbayang bukan saat sedang masa PMS tubuh anda yang sudah kepanasan dan mudah berkeringat ditambah dengan tidak keramas? Betapa lepeknya rambut tersebut bahkan cenderung mudah berminyak serta menghasilkan ketombe lebih banyak.

b.      Mengkonsumsi Minuman Dingin dan Soda


Untuk pengkonsumsian Minuman dingin dan soda memang tidak sepenuhnya dilarang pada saat haid, namun sebaiknya minuman bersoda tidak dikonsumsi secara berlebih karena dapat mempengaruhi keseimbangan hormon. Oleh karenanya, sebaiknya anda membatasi konsumsi minuman tersebut agar siklus haid anda menjadi lebih lancar dan tidak timbul berbagai macam keluhan lainnya.

Sekian artikel terkait Hal-Hal yang Dilarang Dilakukan saat Haid yang saya ulas kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan masalah dan memperluas wawasan para viewers. Terus kunjungi blog kami karena akan ada info-info terbaru yang akan selalu di update disini. Semoga para viewers blog ini diberikan kesehatan selalu oleh Tuhan, Amin.



0 comments:

Post a Comment