Friday, July 7, 2017

Cegah Diabetes Dengan Kulit Pisang

Hai-hai….
Gimana kabarnya viewers? Semoga kalian senantiasa sehat selalu ya? ^^


Postingan kali ini akan dibahas mengenai solusi alami mencegah diabetes dengan mengkonsumsi makanan enak, salah satunya diolah menjadi Selai Sehat dari Kulit Pisang. Suka makan roti tawar dengan selai ga nih viewers? Bosen ya sama selai yang itu-itu aja? Coba deh sekali-sekali buat selai sendiri yang beda dari yang lain. Tau gak kalian kalo buah pisang yang selama ini hanya dikonsumsi bagian daging buahnya saja, ternyata pada bagian kulitnya pun memiliki manfaat yang sangat banyak. Berikut manfaat bagi tubuh, jika kita mengkonsumsi kulit pisang :

Related Post :



a.      Melancarkan Pencernaan, hal ini disebabkan karena didalam kulit pisang terkandung kalium dan serat larut serta tidak larut air yang sangat banyak dibanding dengan daging buah pisang.


b.  Mempengaruhi Mood (Mengatasi gejala Depresi), dilansir dari penelitian di Taiwan yang menyatakan bahwa ekstrak dari kulit pisang mampu membantu mengatasi gejala depresi karena didalamnya mengandung triptofan yang meningkatkan kadar serotonin yang merupakan neurotransmitter dalam otak berfungsi untuk mengatur mood dan emosi sehingga mampu mempengaruhi mood seseorang dan membantu gejala depresi. Dengan mengkonsumsi setidaknya 2 buah kulit pisang setiap harinya, maka akan dihasilkan 16% kadar serotonin dalam darah.


c.    Mencegah resiko terkena Katarak dan Degenerasi Makula, pada kulit pisang terkandung lutein yang merupakan antioksidan kuat yang berfungsi untuk melindungi mata dari radikal bebas serta paparan sinar ultraviolet yang sangat berbahaya. Kandungan lutein sendiri sudah terbukti untuk menurunkan adanya resiko terkena katarak dan degenerasi makula. 

d.    Mencegah resiko diabetes, serangan jantung, dan juga kanker. Hal ini dikarenakan didalam kulit pisang juga terkandung antioksidan berupa karotenoid dan polifebol yang mana berfungsi untuk mencegah beberapa resiko diatas.



Nah dari beberapa manfaat diatas, bisa deh kalian paduin membuat selai namun menggunakan kulit pisang. Selain mencoba rasa baru, kalian juga memperoleh manfaat dari kandungan yang ada pada kulit pisang itu sendiri.
Disini saya membagikan resep untuk membuat selai kulit pisang yang dulu pernah saya coba buat semasa SMK yang ternyata berhasil dan rasanyapun nikmat. Penasaran ingin mencoba dan membuatnya? Bisa nih langsung dipraktekin caranya :



Bahan : 
1. 5 buah pisang matang
2. 1 buah tepung agar-agar bubuk (tanpa rasa)
3. 1/4 kg gula pasir
4. 1 sdt asam sitrat
5. Essence Pisang secukupnya atau bisa juga menggunakan 3 buah pisang (blender)
6. ½ sdt vanili
7. Air Secukupnya

Cara Pembuatan:
·         Pisang yang sudah matang dicuci bersih lalu dikupas kulitnya.
·         Kulit pisang yang sudah bersih lalu dikerok daging kulitnya
·         Kulit pisang direbus sampai empuk
·         Setelah direbus kulit pisang dipotong kotak-kotak kecil, kemudian digiling menggunakan penggiling atau blender jika dalam jumlah kecil untuk menghaluskan kulit pisang agar menjadi bubur kulit pisang. Setelah itu ditambahsedikit air hanya untuk/ sebagai penghalus saja.
·         Campurkan hasil blenderan buah pisang dengan bubur kulit buah pisang yang telah di blender.
·         Bubur kulit buah ditambah dengan tepung agar dan diaduk sampai rata serta ½ sdt vanili. Setelah itu bubur buah dimasak sampai mendidih dengan api sedang. Setelah mendidih, bubur buah ditambah dengan asam sitrat, dan gula pasir.(Tiap 1 kg bubur ditambah dengan 5 gram asam sitrat, dan 1260 gram gula pasir halus)

Sekian artikel terkait Selai Sehat dari Kulit Pisang yang saya ulas kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan masalah dan memperluas wawasan para viewers. Terus kunjungi blog kami karena akan ada info-info terbaru yang akan selalu di update disini. Semoga para viewers blog ini diberikan kesehatan selalu oleh Tuhan, Amin.



0 comments:

Post a Comment